Wednesday 1 November 2017

Bioplastik Untuk Science Warior

Proses Pembuatan
Pembuatan bioplastik merupakan  program Sains Warior pertama yang diadakan pada semester 2 di tahun ajaran 2015-2016, bertempat di Laboratorium Kimia. Dimana kegiatan ini dilaksanakan untuk mewujudkan rasa cinta ilmu pengetahuan, jiwa wirausaha, dan kreatiftas serta inovatif peserta didik.
Antusias mereka sangat luar biasa saat melakukan kegiatan tersebut, terlihat dari proses dan hasil yang mereka laksanakan.  “Setiap proses yang kita lewati hari ini adalah makna hidup dimasa yang akan datang” ujar pembimbing.
Dalam pembuatan bioplastik para peserta di ajak untuk membawa alat dan bahan secara mandiri diantaranya bahan katalis, resin, asesoris, cetakan bioplastik,dan lain-lain. Seneneeeeeeeng banget, akhirnya kita bisa bikin bioplastik juga” ujar Alya Salsabila  salah siswi dari  kelas 8. Begitupun anak-anak sains warior yang lain pun sangat senang dan gembira dengan adanya kegiatan tersebut, “sangat seru  pak, akhirnya bisa sama-sama melakukan pembuatan bioplastik ini ya pak, lain kali kita membuat lagi ya pak dengan perlengkapan yang lebih lengkap lagi. “ ujar meraka.
          Begitu senang ketika melihat mereka  yang begitu antusias dengan kegitan ini karena  dalam pembuatan bioplastik tidak hanya membawa alat dan bahan secara mandiri  tetapi juga di suguhkan tantangan dengan memberikan kesempatan sepenuhnya kepada mereka sejak awal pembuatan hingga diakhiri dengan penjulanan produk. Semua dijalankan dengan tertib , menyenangkan, dan memuasakan, setiap kegiatan selalu diwarnai dengan humor dan canda tawa yang renyah dari mereka semua serta semangat yang selalu memancar dari setiap langkahnya,  sehingga membuat suassana semakin solid dan kompak.
                Setelah selsai proses pembuatan mereka melakukan pengerigan produk bioplastik yang telah dibentuk, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan produk yang baik, diakhiri dengan packing yang dimasukan kedalam kemasan plastik  yang akhirnya layak untuk dijual.  Semua dilaksanakan dengan kebersamaan dan keyakinan bahwa ini adalah hasil dari ketulusan bersama.
                Setiap langkah  pasti ada harap yang tersimpan, semoga melalui kegiatan pembuatan bioplastik, bisa menjadikan pengantar bagi para sains warior untuk menumbuhkan sikap ilmiah sebagai seorang sains sejati. -Afa

0 comments:

Post a Comment