Tuesday 30 January 2018

Untukmu Sikembar

31-Januari-2017 - Organisasi dan pemimpin adalah saudara kembar. Organisasi merupakan pondasi, pemimpin adalah pengawalnya. Jika organisasi runtuh maka yang dilihat upaya apa yang dibuat pemimpin. Bukankah jatuh dan bangunnya organisasi ada ditangan pemimpin. Sebaiknya pemimpin perlu pandai menjawab masalah, caranya sederhana. Latihlah telinga untuk banyak mendengar, mata untuk membaca, raga untuk terus beramal, dan barulah lisan untuk berbicara sebagai bentuk kebenaran jawaban. Dengan demikian, pondasi yang sudah ada akan mampu diperbaiki dengan baik.

Organisasi harus dihadirkan dengan pengawalan yang berkelanjutan. Sifatnya terus memperbaiki, hadirkan cara terbaik untuk mengukuhkan pondasi. Ajak mereka bergerak lebih cepat, berikan ruang belajar melebihi biasanya. Pondasi yang dibangun tidak hanya ada, tapi harus dipikirkan bagaimana menyuguhkan jamanin dan kekuatan pondasi kedepan. 

Organisasi akan runtuh jika pemimpin sudah terjebak oleh kepentingan pribadi, dan kebatilan, serta kelemahan pemahaman, kelemahan pergerakan, kelemahan perjuangan,  kelemahan ketulusan,  kelemahan kedewasaan,  kelemahan idealisme. Organisasi harus terlahir dari ruang belajar berpikir, berkeadilan, beramal, dan amanah. 

Pertanyaan mendasar bagi siapapun yang memimpin organisasi adalah. Bagaimana Anda mempersiapkan pondasi untuk mereka yang akan anda pimpin?

Selamat kepada Kalian yang sudah dilantik. Semua adalah ruang proses belajar, kesalahan adalah peluang. Belajar kepada siapapun, bukan kepada yang hidup saja tapi bagaimana belajar kepada yang mati pula. Bagaimana mereka mampu menghadirkan kematian menjadi kehidupan yang berkah. Nikmati amanah memimpin, kelak akan bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, dan orang lain.

Salam dan selamat belajar kepada keluarga kelembagaan FKIP Universitas Pakuan - (afa) 

0 comments:

Post a Comment