Wednesday 31 January 2018

Gerhana Bulan Sebagai Bukti Kebesaran Tuhan

31 - Januari - 2017 - Tepat terjadinya gerhana total.  Di dalam kitab "Sabilal Muhtadin" dikatakan: "bahwa kata gerhana itu dalam bahasa Arab ada dua macam, yaitu kusyuf untuk gerhana matahari dan khusyuf untuk gerhana bulan - Al-Firasah An-Nahdliyah Al-A'mal wa Adillah (hlm. 501). Malam ini telah menunjukan terjadinya gerhana bulan (khusuf).

Pada hadits Rasulullah Saw bersabda : "Sesungguhnya Matahari dan Bulan itu adalah dua tanda dari segala tanda yang menunjukan kebersaran Allah. Keduanya tidak akan gerhana kerena lahirnya seseorang atau matinya seseorang, maka apibila kamu melihat keduanya gerhana, maka hendaklah kamu berdoa dan shalat sampai gerhana tersebut hilang".

Hadist di atas menunjukan bahwa terjadinya gerhana bulan adalah tanda kebesaran Allah Swt. Semua terjadi karena kehendak-Nya, sebaiknya saat terjadi gerhana banyak berdoa dan melaksanakan salat. Tidak hanya itu ada kegiatan tambahan seperti berdzikir dan bershadaqah.

Himbauan terjadinya gerhana
Seluruh umat Islam dihimbau untuk (1) mengumandangkan  gema takbir (2) beristigfar, tasbih,  tahlil, dan tahmid (3) melaksanakan salat gerhana (4) khutbah gerhana (5) shadaqah. Bagaimana cara melaksanakan salat gerhana, yang membedakan hanya niat dan ditambah ruku dan i'tidal saja pada rakaat pertama dan kedua. (1) berniat (Ushali Sunata Khusufil Qamari Rakataini Lillahi ta'ala), (2) Takbiratul ikharam, bertakbir seperti biasa, (3) Istiftah, berta'wudz serah Al-Fatihah baca surat yang panjang, (4) ruku dipertama (5) bangkit dari Ruku' beri'tidal (6) tidak langsung sujud, tapi baca Al-Fatihah lagi dan surah yang panjang namun lebih singkat dari pertama, (7) ruku' lebih singkat dari pertama, (8) bangkit dari ruku', beri'tidal (9) sujud, lalu duduk diantara dua sujud kemudian kembali sujud (10) bangkit dari sujud, lalu raka'at kedua seperti raka'at pertama namun bacaanya dianjurkan lebih singkat (11) tasyahud (12) salam.

Mari salat khusuf
Banyak masyarakat yang melaksanakan salat khusuf. salat ini disunnahkan dilaksanakan dimasjid secara berjamaah. Semoga malam tadi tidak melewatkan kesempatan salat gerhana bulan. Banyak manfaat yang bisa di ambil, dengan kegiatan salat gerhana menunjukan diri kita mampu mendekatkan diri (ketakwaan) kepada Allah Swt. Semua diisi dengan kegiatan yang positif,  banyak masyarakat yang sudah berkumpul di masjid sejak waktu ibadah magrib. Proses gerhana ini berlangsung kurang lebih dari waktu magrib hingga pukul 23.00 WIB. Keberkahan dan keselamatan semoga menyertai semuanya. Aamiin. -(afa)  


0 comments:

Post a Comment